Rabu, Juli 15, 2009

Yang kuinginkan bukan yang Tuhan tentukan

Biasanya saat kita menemui seseorang yang mengalami musibah, kata pertama yang terucap adalah, "Sabar ya". Untukku yang sekarang kata itu sangat familiar tapi terasa hambar. Dia yang berkata tidak mengalami apa yang kualami, lalu atas dasar apa dengan mudahnya berucap seperti itu. Pernah tahukah dia sesering apa air mata ini tumpah karena merasa apa yang menimpaku tak seharusnya terjadi.
"Sabar", mudah untuk diucapkan tapi tidak untuk diterapkan. Seperti lirik lagu, ku hanyalah manusia biasa tak lepas dari rasa kecewa. Kuakui aku kecewa, tak terima, dan marah terhadap diriku serta apa yang terjadi padaku.
Tuhan aku lelah sungguh lelah menerima teguran bertubi-tubi dariMu. Dan kini karena kelelahanku setan dengan mudahnya merayuku menjauh dariMu. Semakin lama semakin jauh....
Namun, alangkah beruntungnya aku dikelilingi orang-orang luar biasa. Mereka yang selalu menguatkanku dengan memahami keadaanku seutuhnya. Dan yang pasti mereka tidak hanya berkata padaku untuk sabar, tetapi membantuku untuk sedikit demi sedikit menerapkannya.
Tuhan, maafkan aku yang sampai kini belum mendekat padaMu. Maafkan aku yang sedikit membenci ketentuanMu. Kenapa kubilang sedikit ? Karena di saat-saat sulit itu Kau menempatkanku bersama manusia terhebat.
Manusia yang selalu kupanggil dengan sebutan Ibu dan Ayah......
Manusia yang tersenyum bahagia saat kemunculan pertamaku didunia....
Manusia yang rela tetap terjaga di tengah kelelahannya untuk menjagaku....
Manusia yang mengorbankan senyumnya demi senyumku....
Manusia yang terluka hatinya dikala aku bersedih....
Manusia yang akan selalu ada untukku....
Sungguh baru kusadar bahwa selama ini tidak banyak yang kulakukan untuk mereka dan teramat banyak yang kuterima dari mereka.
Mereka jugalah yang mengajarkanku untuk tersenyum dan tetap tegar disaat yang kuinginkan bukanlah yang Tuhan tentukan.

1 komentar:

  1. Manusia berencana...
    Tuhan yang menentukan....Jarene ayahku ngunu...

    BalasHapus

Saran dan kritik akan tulisan ini akan sangat membantu.